Selasa, 16 Oktober 2012

PERJALANAN HAJI KBIH NURUL HIKMAH 1433 H/2012 (part 1)

Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, alhamdulillah perjalanan jama'ah calon haji KBIH Nurul Hikmah terlaksana dengan baik. Saat ini sebanyak 274 jama'ah calon haji telah berada di Madinah Munawwaroh dan telah selesai melaksanakan tujuh kali ritual umroh.

Flash Back, perjalanan haji KBIH Nurul Hikmah tanggal 22 September 2012, masuk dalam kelompok terbang (kloter) 3 nasional. Dimulai dari Masjid Raya Al-'Azhom dilepas oleh pejabat terkait dan sanak keluarga para jama'ah calon haji untuk menuju asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Bermalam sejenak di Asrama Pondok Gede, jama'ah calon haji pun kemudian diberangkatkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pagi jam 02.00 WIB, tanggal 23 September untuk diterbangkan ke Negara tujuan Saudi Arabia.

Tiba di Bandara Amir Muhammad Madinah Munawwaroh, para jama'ah calon haji beristirahat sejenak di pemondokan haji Madinah untuk selanjutnya melaksanakan serangkaian ziarah suci di tanah hijrah rasul Muhammad SAW. Berbagai rangkaian kegiatan ibadah dimulai seperti berziarah ke makam Rasul Muhammad SAW, Makam Bagi', Masjid Sayyidina Ali, Masjid Sayyidina Abu Bakar, Masjid Ghomamah, dipimpin oleh yayasan dan muassasah.

Di hari berikutnya ritual berlanjut ke Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Khodaq (benteng pertahahan), Masjid Quba, dan Masjid Ijabah.

Makkah

Selesai melaksanakan berbagai ritual suci di Madinah perjalanan pun dilanjutkan ke kota suci berikutnya, Makkah. Di kota kelahiran nabi ini para jama'ah calon haji memulai ritual ibadah umroh. Seperti mengerjakan sa'i dan thawaf. Di kota ini pun para jama'ah calon haji melakukan keliling kota (city tour) berkunjung keberbagai tempat wisata sejarah, seperti melihat Sepeda Bani Adam, Laut Merah, Masjid terapung, Monumen Perahu Nabi Nuh, Masjid Qishos hingga berziarah ke Makam ibu pertama umat manusia, Siti Hawa.

Di hari berikutnya serangkaian kunjungan menanti, mulai dari kunjungan ke Jabal Nur, Mina, Muzdalifah, Arafah, Jabal Tsur, Makam Ma'la, Masjid Jin, Masjid Syajarah hingga ke Hudaybiyah melihat peternakan unta dan minum susu unta. Tak luput kunjungan ke seorang Kiaya asal Pandegelang Banten K.H. Wasid Sahim Damanhuri.

Kini setelah melaksanakan serangkaian ritual suci para jama'ah calon haji KBIH Nurul Hikmah menanti datangnya pelaksanaan haji yang akan tiba beberapa hari lagi.

Demikian laporan sementara dari perjalanan haji KBIH Nurul Hikmah, Cipondoh, Kota Tangerang pimpinan K.H. Bakri H.S dan Ust. H. Ahmad Damanhuri H.B. Semoga perjalanan haji mereka diberikan kelancaran, keberkahan dan selalu dalam keridhoan Allah SWT sehingga pulang mendapat haji yang mabrur. Amin Ya Mujibassaailin.

0 comments:

Posting Komentar