Selasa, 16 Oktober 2012

MENTERI AGAMA MINTA JAMA'AH HAJI JAGA KESEHATAN

Jakarta(Sinhat)--Menteri Agama Suryadharma Ali mingimbau para calon jemaah haji (Calhaj) yang kini sudah berada di Mekkah untuk menjaga kesehatan dan tidak menguras tenaga pada ibadah sunnah, karena puncak haji sudah makin mendekat.
  
"Puncak haji sudah dekat. Jangan paksakan ibadah sunah, seperti umroh berulang kali. Puncak haji membutuhkan stamina tinggi, karena memang ibadah itu banyak menguras tenaga," kata Menag Suryadharma Ali di Jakarta, Senin, seusai mengunjungi Pondok Pesantren United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Senin.
  
Dewasa ini kota Mekkah pun semakin padat. Untuk itu ia mengingatkan jemaah dari tanah air untuk tidak segan-segan mengonsumsi buah-buahan dan memperbanyak minum air putih. "Jangan segan membelanjakan uang untuk menjaga kesehatan," katanya.
  
Selain itu, lanjut dia, Calhaj tetap menjaga kewaspadaan terhadap orang yang ingin merusak ibadah melalui penipuan, pencurian dan hal buruk lainnya. "Niat jahat selalu ada saat orang tengah menunaikan ibadah," katanya.
  
Kepada para petugas, Menag juga mengingatkan agar membantu Calhaj di lapangan. Dalam kondisi bangunan di seputar kawasan Masjidil Haram yang dibongkar, tentu debu banyak. Karena itu petugas harus proaktif mengantisipasi berbagai kemungkinan ketika jemaah mengalami kelelahan.
  
Terkait imbauan anggota DPR agar jemaah haji ke depan memiliki kampung Indonesia -- meski jaraknya jauh asal transportasinya mendukung -- di tanah suci, Menag mengatakan, bahwa usulan tersebut dinilai bagus. Dan sudah berulang kali pihak Kemenag mengupayakannya. Tetapi ketika hendak dilaksanakan tak mendapat izin dari pemerintah Arab Saudi.
  
Kemungkinan hambatannya adalah, ke depan, jika menara atau sejumlah hotel sudah jadi di kota Mekkah akan berimplikasi pada kurangnya jemaah yang menggunakan hotel di pusat kota Mekkah. Hal itulah yang kemungkinan izin untuk punya kawasan pondokan tersendiri tak bisa dikeluarkan pemerintah setempat, katanya.(ant/ess)

Sumber: http://haji.kemenag.go.id/index.php/subMenu/informasi/berita/detailberita/459

0 comments:

Posting Komentar