Rabu, 16 Januari 2013

Bimbingan Manasik Haji di KBIH Nurul Hikmah

Alhamdulillah, rasa syukur yang mendalam selalu tercurahkan kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam yang senantiasa memberikan limpahan nikmatnya kepada kita semua. Juga shalawat teriring salam selalu terucap untuk nabi akhir zaman Muhammad SAW. Seiring derasnya berbagai pertanyaan yang mengalir kepada kami perihal bimbingan manasik haji, terutama seputar biaya bimbingan, pelayanan selama beribadah di tanah suci, hingga perlengkapan apa saja yang mesti disiapkan.

Kami atas nama pengurus sangat memaklumi berbagai pertanyaan tersebut, secara dalam hitungan bulan, tepatnya sekitar September/Dzul Qo'dah, musim haji tahum 1434 H/2013 M dimulai. Oleh karena itu, KBIH Nurul Hikmah telah bersiap menyambut pembukaan manasik haji yang akan dihelat pada Minggu, 27 Januari 2013/15 Rabi'ul Awwal 1434. Bimbingan Manasik akan terus bergulir tiap minggunya hingga Juni 2013/Jumadil Akhir 1434. Tak kurang dari 19 kali pertemuan diisi dengan pemberian materi manasik teori dan praktek, dari total 24 kali pertemuan yang ada.

Bimbingan Manasik

Perihal bimbingan manasik KBIH NH menekankan pada pentingnya pemahaman jamaah akan hakikat dan makna dari ibadah haji dan umroh yang akan dilakukan, tentunya selain pengajaran dari praktek ritual ibadah itu sendiri. Tak hanya itu, intensitas dari durasi pertemuan yang panjang, yaitu 24 kali pertemuan dalam pelatihan manasik rasa persaudaraan dan keakraban menjadi sangat erat diantara mereka, sehingga segala proses adaptasi pergaulan tidak lagi menjadi hambatan dikala mereka menjalankan ibadah kelak di tanah suci.

Berikut adalah rangkaian materi yang diajarkan dalam pelatihan manasik. Diawali dengan pengajaran mengenai dalil haji dan umroh, keutamaan menjalankan ibadah haji, hikmah ibadah haji, adab-adab dalam menjalankan ibadah haji, sholat dalam perjalanan; qhosor dan jama; jama takdim dan ta'khir, sholat jenazah dan sholat ghaib, mengenal tempat-tempat mustajab di Makkah dan sekitarnya, mengetahui keutamaan Madinah Munawwaroh, keutamaan Masjid Nabawi, ziarah ke makam Rasulullah, adab-adab dalam berziarah, ziarah raudhah, kunjungan ke Pusat Informasi Haji Banten, praktek umrah dan haji, dan penutup.

Perlengkapan Haji

Demi tercapainya tujuan memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan kepada jamaah dalam mempersiapkan ibadah, KBIH NH membantu jamaah melalui penyedian paket layanan perlengkapan bagi jamaah di tanah suci. Paket perlengkapan yang disediakan telah mengcover segala keperluan jamaah di tanah suci. Sehingga jamaah merasa sangat terbantu atas paket penyediakan perlengkapan itu, terlebih bagi mereka yang belum pengalaman.

Perlengkapan yang diberikan meliputi, bagi laki-laki berupa, satu stel kain ihram, satu ikat pinggang, dua bahan celana panjang, satu baju seragam, satu jas batik nasional, dua kunci koper, satu buah selayer, tanda koper, jaring tambang koper, dan 10 liter air zam-zam. Bagi perempuan, satu helai mukena, satu baju seragam, satu jas batik nasional, dua celana panjang, empat stel kaos kaki, satu stel sarung tangan, dua buah kunci koper, satu buah selayer, tanda koper, jaring tambang koper, dan 10 liter air zam-zam.

Kegiatan Jamaah Di Tanah Suci

Selain mengawal dan membantu segala kegiatan pelatihan bimbingan manasik di tanah air, KBIH NH tidak melepas jamaah atau bahkan menitipkan jamaahnya ke lembaga bimbingan manasik lain. KBIH NH senantiasa mengawal dan membantu membimbing jamaah hingga proses ibadah di tanah suci. Tak hanya itu, berbagai program kegiatan pun dibuat selain program umrah dan haji.

Selama di tanah suci semua jamaah diarahkan untuk memaksimalkan ibadah mulai dari umrah sunnah hingga berziarah ke berbagai tempat bersejarah di tanah suci dan bersilaturrahim kepada beberapa ulama karismatik.

Adapun program kegiatan yang dilakukan selama di tanah suci meliputi; penghimpunan biaya dam haji tamattu', ziarah di Madinah, Makkah dan Jeddah. Ziarah Madinah meliputi; Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Khandaq (Masjid Sayyidina Ali, Masjid Siti Fatimah, Masjid Abu Bakar, Masjid Salman Al Farisi, Masjid Fatah), Masjid Jum'at, Masjid Quba, Masjid Ijabah dan Jabal Magnet. Ziarah Makkah mencakup; Jabal Tsur, Arafah, Jabal Rahmah, Masjid Namirah, Muzdalifah, Mina, Jamarat dan Jabal Nur.

Selain berziarah jamaah diajak tour sambil menikmati keindahan kota Jeddah, ibu kota Arab Saudi, dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah, tour di Jeddah meliputi; Masjid Terapung, Masjid Qhisos, Makam Siti Hawa dan menikmati pantai laut merah. Jamaah juga diajak berziarah ke Makam Ma'la, Masjid Jin, Masjid Hirrah, Masjid Syajarah, Maulid Nabi (tempat lahir nabi) dan silaturrahim ke rumah Abuya K.H. Wasid Sahim menantu dari K.H. Ahmad Damanhuri ulama asal Banten yang tersohor.

Perihal lain yang ingin diketahui jangan sungkan untuk menghubungi kami baik melalui line telepon atau datang langsung ke Yayasan Nurul Hikmah sebagaimana tercantum dalam beranda selamat datang.

Jumlah Jamaah

Sebagai laporan kepada para pembaca kami rangkumkan jumlah jamaah yang telah bergabung bersama KBIH Nurul Hikmah dari tahun ke tahun berjumlah:
* Tahun 2012 sebanyak 274 jamaah
* Tahun 2013 sebanyak 240 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2014 sebanyak 183 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2015 sebanyak 209 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2016 sebanyak 173 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2017 sebanyak 140 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2018 sebanyak 135 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2019 sebanyak 96   jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2020 sebanyak 154 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2021 sebanyak 105 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2022 sebanyak 120 jamaah (kemungkinan bertambah)
* Tahun 2023 sedang berlangsung

Sekian perihal penjelasan kami tentang kegiatan bimbingan manasik haji di KBIH Nurul Hikmah.Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Amin yaa robbal alamin.

0 comments:

Posting Komentar