Selasa, 10 Juli 2012

Ongkos Naik Haji, ONH 2012

H. Syofwatillah Mohzaib, S.Sos.I

Kemarin, 09 Juli 2012, setelah berdiskusi alot antara Panja Komisi 8 DPR RI dan Pemerintah yang diwaliki Kementerian Agama RI tentang biaya haji tahun 2012, akhirnya sebagai jalur tengah antara keinginan DPR RI yang menginginkan tidak adanya kenaikan dan pemerintah yang mengusulkan kenaikan, maka diputuskan biaya haji tahun ini sebesar $ 3623 USD, dengan asumsi zona terjauh dan dengan nilai tukar dollar 1 USD sama dengan Rp 9000.

Dikatakan H. Syofwatillah anggota Panja Kom. 8 DPR RI, kenaikan ini mengikut kepada hujjah pemerintah karena adanya kenaikan ongkos pesawat khususnya pada bahan bakar pesawat (avtur). Ia juga menyatakan bahwa kenaikan ini hanya sekitar $ 86 USD dari tahun lalu. Dan biaya diatas dilihat dari zona terjauh. Untuk selanjutkan keputusan ini akan diatur teknisnya oleh pemerintah.

Keputusan ini membuat lega para calon jamaah haji dan KBIH yang telah lama menunggu pengumuman untuk lebih lanjut mempersiapkan diri. Proses pelunasan setidaknya akan dimulai satu minggu kedepan, yaitu sekitar tanggal 17 Juli 2012.




0 comments:

Posting Komentar