Kamis, 27 Juni 2013

KONDISI MAKKAH TERKINI, 2013

Keputusan Kerajaan Arab Saudi untuk memangkas kuota jama'ah haji sebanyak 20 persen dari setiap negara dinilai sebagian orang sangat mengejutkan dan tidak mengenakkan. Dari persepektif jama'ah yang telah menunggu sekian tahun untuk berangkat, hal itu lumrah dan wajar, rasa kecewa tentunya ada.

Namun, dari sisi Kerajaan Arab Saudi sebagai negara penyelenggara dan bertanggungjawab penuh terhadap jama'ah dari berbagai negara yang datang untuk berhaji, faktor keamanan dan keselamatan jama'ah menjadi perhatian yang sangat penting.

Maka dari itu walau dinilai sangat mengejutkan Kerajaan Arab Saudi mau tidak mau, enak tidak enak, mesti memutuskan kebijakan pemangkasan calon jama'ah haji dari tiap negara sebanyak 20 persen. Dan untuk dalam negerinya sebanyak 50 persen. Hal tersebut terkait proses pembangunan masjidil haram yang dicanangkan selesai pada 2016.

UMROH KBIH NURUL HIKMAH

Untuk melihat lebih jauh fakta keadaan masjidil haram terkini, rombongan jama'ah umroh dari KBIH Nurul Hikmah yang tengah berada di Tanah Suci melaporkan secara visual tentang kondisi masjidil haram terkini. Berikut beberapa gambar terkini dari Masjidil Haram:







Melihat kondisi terkini di Masjidil Haram, para jama'ah umroh yang tengah berada disana menyimpulkan bahwa keputusan Kerajaan Arab Saudi untuk memangkas 20 persen porsi jama'ah dari tiap negara dinilai wajar. Karena lokasi thawaf yang sangat sempit dan kondisi pembangunan yang tengah berjalan, membuat kondisi kurang kondusif.

0 comments:

Poskan Komentar